Kamis, 22 November 2012

REMAJA is ADOLESCENCE

remaja....ada banyak hal yang berubah waktu seseorang berusia remaja, karena remaja merupakan masa yang berapi-api (kata Bang Rhoma..!) dan juga merupakan tahap perkembangan yang memerlukan perhatian khusus. jika dilihat dari rentang masa remaja yaitu sekitar 10-18 tahun yang artinya masa remaja hanya akan dirasakan sekitar 8-9 tahun saja dalam kehidupan manusia. 
saya sebutkan remaja merupakan tahap perkembangan yang memerlukan perhatian khusus, karena remaja adalah masa transisi dari anak-anak menuju dewasa. Kecenderungan seseorang jika mengingat masa lalu biasanya ingin kembali pada masa remaja yang bebas dan selalu bergaul dengan teman-teman (yang tidak biasa, berarti ada kecenderungan masa remajanya kurang baik untuk diingat atau ada peristiwa yang tidak menyenangkan pada masa itu dan atau merasa sudah lebih baik jika dibandingkan pada masa remajanya). 
banyak stereotipe tentang remaja : "mereka mengatakan ingin pekerjaan, tetapi ketika mereka mendapatkannya, mereka tidak mau bekerja"; "mereka semuanya menggunakan rokok, tanpa kecuali"; "mereka semuanya malas"; "anak jaman sekarang tidak punya moral seperti generasi terdahulu", "masalah anak muda sekarang adalah hidup mereka terlalu mudah", "mereka sombong dan sok tahu"; dan sebagainya. dalam penelitian Daniel Yankelovich (1974) membandingkan sikap remaja dengan sikap orang tua mereka mengenai nilai-nilai, gaya hidup, dan etika tingkah laku pribadi. ditemukan sedikit atau tidak ada perbedaan antara sikap remaja dan orang tua mengenai kontrol diri, kerja keras, menabung, kompetisi, kompromi, otoritas hukum, dan kepemilikan pribadi. ada perbedaan cukup besar antara remaja dan orang tua mereka tentang agama (89% orang tua mengatakan agama penting bagi mereka, dibandingkan dengan hanya 66% remaja). tetapi ingat, bahwa sebagian besar remaja masih mempunyai keyakinan bahwa agama itu penting.
Ref : Sant (p.16)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar